Sabtu, 17 November 2012

Mengubah Font di Handphone Android dengan Aplikasi Font Installer

Handphone Android yang telah di-root memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah bisa menggunakan aplikasi khusus root. Salah satu aplikasi menarik yang bisa digunakan adalah Font Changer. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengubah tampilan font di handphone Anda.



Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa handphone Android yang Anda gunakan telah di-root atau tidak. Kalau Anda tidak mengetahui apakah handphone Anda telah di-root atau belum, caranya cukup mudah. Anda tinggal melihat apakah di handphone Android Anda sudah ada aplikasi Superuser atau tidak. Kalau tidak ada, berarti handphone Anda belum di-root.




Kalau handphone Anda belum di-root, Anda bisa mencari tutorial mengenai rooting handphone Android. Cara paling mudah, Anda bisa mengunjungi forum khusus handphone Android atau forum seperti Kaskus. Namun yang perlu Anda ketahui, masing-masing cara rooting handphone Android bisa berbeda. Tergantung merek dari handphone tersebut.
Setelah Anda memastikan persiapan yang harus dilakukan, kini tinggal langkah eksekusi. Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi Font Changer. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrummy.font.installer&hl=en, dan bisa langsung diinstal.
Berikutnya, alangkah baiknya Anda membackup dahulu sistem di handphone Android Anda. Jadi, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda masih bisa menggunakan tampilan standar dari handphone Anda.
Setelah itu, Anda bisa menjalankan aplikasi ini. Pada tampilan awal, aplikasi Font Installer ini memiliki tiga tab, yakni Local, Server dan Preview. Langkah yang paling mudah untuk mengganti font di handphone Android Anda adalah dengan menggunakan font yang ada di server. Hal ini tentu saja hanya bisa Anda lakukan jika handphone Android Anda terkoneksi dengan internet.
Di server Font Installer, Anda akan menemukan banyak font yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Setelah Anda memilih sebuah font, Anda bisa melihat preview dari font tersebut. Setelah itu, install dan reboot, maka font di handphone Android Anda telah berubah sesuai dengan yang Anda inginkan.






Dan, kalau Anda ingin font unik lain yang tak disediakan oleh server Font Installer, Anda bisa menginstall font yang Anda inginkan dari folder handphone Android. Caranya pun tidak sulit. Pertama, Anda unduh font yang ingin Anda pakai. Dalam artikel ini, saya memakai font Walt Disney yang bisa diunduh di http://www.fontcubes.com/Walt-Disney-Script.font.



Selanjutnya, save font tersebut di komputer, dan pindahkan file tersebut ke handphone Android Anda. Berikutnya, Anda bisa bisa menginstal font tersebut dari tab Local dan lakukan reboot.




 
Tidak terlalu sulit bukan? Dengan tips sederhana ini anda sudah bisa merubah font pada gadget Android kesayangan anda. Selamat mencoba ikuti terus perkembangan teknologi terbaru dengan mengikuti update di Blog ini.


Sumber : Google



0 komentar:

Posting Komentar